Kamis, 05 Maret 2015

Cara Merawat Kompor Gas

Halo sobat blogger yang baik hati!
Assalamualaikum Wr Wb.

Di dalam postingan ini saya akan membahas sedikit tentang cara perawatan dan keamaman untuk kompor gas.

1. Langsung aja ya pertama kita priksa selang gas dan regulator , lalu kita perhatikan, apakah ada keluar suara dari tabung(bunyi ceeess!!!) seperti hembusan angin, dan tercium bau gas lpg jika tidak timbul gejala yang tesebut diatas, kemungkinan pasti aman .
2. kedua kita tinggal periksa kekencangan regulator pada tabung gas, apakah mencengkeram kuat, jika iya brarti masih bagus, kita tinggal periksa selang apakah masih mulus atau sudah rusak. jika sudah tidak bagus,Lebih baik kita ganti dengan selang yang baru banyak ,di jual di pasaran.
3. Jangana lupa juga periksa klem-klem di kedua ujung selang, baik yang di regulator maupun yang di pipa kompor, jika kendor, di kencangkan sedikit tapi jangan terlalu keras soal nya dapat merusak selang sewajar nya saja kalo sudah  kencang dan seret itu sudah cukup.

Selanjut nya kita Melangkah ke bagian-bagian komporgas, sebelumnya kita lepas dulu regulator(kpala kompor gas) dari tabung, bisa juga lepas selang pada pipa belakang kompor jadi lebih leluasa buat kita membersihkan nya, lalu kita pindahkan kompor ke tempat yang rata.
1. burner kuningan ( bagian keluarnya api ) lepas kedua duanya dan rendam dalam larutan asam( sitrun yang biasa untuk rasa asam pada minuman) larutkan dalam air secukupnya, yang penting burner bisa tenggelam semua.Jika ada pake solar atau bensin jg g masalah asal jauh dari api . SlanjuT nya bagian yang lain)
2. tatakan cuci dengan air dan detergen, bisa di rendam kurang lebiH 50 menit. kita tinggal dulu ke bagian yang lain.
3. pipa Penghubung spuyer dengan tungku ( posisinya persis di bawah burner ) fungsinya mengalirkan gas yang keluar dari spuyer yang sudah bercampur dengan oksigen yang volumenya sudah di tentukan. untuk rinnai bahannya stainless dan untuk melepasnya kita hanya mencabut pin lock ( sejenis kawat kecil mengunci di kedua ujungnya ), setelah diambil lalu bersihkan menggunak air hangat boleh jg pake detergent, perhatikan bagian dalam pipa apa ada yang kotor, jika iya bersihkan lagi. kemudian keringkan.
4.Ruang dalam komporgas ( body bagian dalam ) bersihkan jg, kadang suka banyak kotoran yang menempel,bersihkan dengan kuas cat ato apa aja yang bisa ngejangkau bagian dalam tadi sampai bersih.
5. ini tahap yang perlu sedikit hati hat. melepasspuyer( lubang keluarnyagas) posisinya kalau dari depan komporgaslurus mendatar dari knop penyalaan , kalau dari dalam persis di ujung pipa penghubungtungku atau burner.ini dilakukan jika ( nyala merah dan menyebabkan alat masak jadi hitam, tidak nyala sama sekali padahal pematik nyala , nyala api kecil ) saya tidak menganjurkan Bapak / Ibu sahabat untuk melakukanya sendiri. saya hanya ingin berbagi saja, Kita butuh kunci pas 6mm untuk melepasspuyer, arah putarannya ( jika posisi kita di depan kompor arah nya ke kanan untuk memasang dan mengencangkan ke kiri ) setelah terlepas lihat buntu atau tidak dengan meniupnya, jika buntu kita bersihkan lubangnya denga peniti atau jarum pentol, ( beli 1 set yang terdiri dari banyak ukuran ) pilih jarum yang bisa masuk lubang ( PENTING : jangan gunakan jarumyang lebih besar dari lubang, apalagi memaksanya masuk hingga menyebabkan lubang jadi tambah besar karena bisa menyebabkan rubahnya volume gas yang keluar akibatnya pemborosan gas, api pun jadi tidak bagus lagi(merah) dan ketika di matikan terdengar bunyi (blug) . setelah di pastikan bersih dan lubang sudah gak buntu, slanjut nya kita pasang lagi seperti semula PENTING : pastikan derat spuyer dan pipa rumah spuyer sudah pas, jangan dipaksakan, padahal drat belum pas, karena bisa mengakibat kan kebocoran, dan untuk pembukaan spuyer nanti kita akan kesulitan,dan yang lebih fatal rumahspuyerrusak dan harus di ganti)
6. kembali ke burner yang kita rendam tadi , bersihkan dengansikat gigi bekas ( baru juga gakapa apa kalau ikhlas ) jika sudah bilas dengan air bersih detergen , setelah bersih keringkan.
7. tatakan bersihkan dengan spon pencuci piring yang alus, biar ga merusak lapisan cat pelindung pada tatakan. Tips : untuk tatakan, kalo bisa harus sering di bersihkan sebelum kotoran mengeras, tidak perlu menunggu perawatan berkala ). jika sudahbersih, keringkan.
8. perakitan harus urut, pertama pasang pipa pengubungspuyerdengan tungku ( dalam hal ini, spuyer sudah terpasang setelah kita lepas bersihkan dan pasang lagi, kedua pasang tatakan, ketiga pasang burner kuningan. Sesudah itu pasang selang ke pipa belakang kompor, jika kita membukanya kemudian kita pasang regulator pada tabung. setelah selesai semua, kita coba untuk menyalakan nya. jik smua nya berjalan dengan baik. Brarti anda sudah bisa memperbaiki kompor gas sendiri“. Slamet ya salam hangat slalu dari saya,Trima kasih.

Nb: sebelum dan sesudahnya saya minta maaf jika ada kemiripan kata-kata atau postinganya ,semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi sobat blogger semua :)

Wassalamualaikum Wr Wb.


Sumber: http://nauphal.mywapblog.com/cara-merawat-dan-memperbaiki-kompor-gas.xhtml


















































































































1 komentar: